Hadits no 23

BERLEMAH LEMBUT TERHADAP ISTERI, JANGAN KERAS DAN KASAR DIDALAM MELURUSKAN KESALAHAN

عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ رضى الله عنه قَالَ : قَالَ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم :" اِسْتَوْصُوْا بِالنِّسَاءِ [ خَيْرً ] ، فَإِنَّ الْمَرْأَةَ خُلِقَتْ مِنْ ضِلَعٍ ، وَإِنَّ أَعْوَجَ شَىْءٍ فِي الضِّلَعِ أَعْلاَهُ ، فَإِنْ ذَهَبْتَ تُقِيمُهُ كَسَرْتَهُ ، وَإِنْ تَرَكْتَهُ لَمْ يَزَلْ أَعْوَجَ ، فَاسْتَوْصُوا بِالنِّسَاءِ [ خَيْرً ]"

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata: Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Berikanlah wasiat kepada wanita (tentang kebaikan). Sesungguhnya wanita itu diciptakan dari tulang rusuk dan sesungguhnya bagian (tulang rusuk) yang paling bengkok adalah bagian paling atas. Bila engkau berusaha meluruskan nya (dengan paksa), engkau bisa mematahkan nya. Namun apabila engkau membiarkan nya, maka akan bengkok terus. Karena itu, berwasiatlah kepada wanita (tentang kebaikan).”
TAKHRIJ HADITS :
Hadits SHAHIH.
1. Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari rahimahullah didalam Shahih nya, hadits no 3331, hadits semakna no 5184 dan 5186.

2. Diriwayatkan juga oleh Imam Muslim rahimahullah didalam Shahih nya, hadits no 3644.
PENJELASAN RINGKAS :
Perkataan Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam: “Berikanlah wasiat kepada wanita tentang kebaikan” yakni nasehatilah wanita tentang kebaikan dengan cara yang baik.“Sesungguhnya wanita itu diciptakan dari tulang rusuk…” yakni penciptaan Ibu nya para Manusia yakni Hawa. Dimana Allah Subhanahu wa ta’ala menciptakan Hawa dari tulang rusuk Nabi Adam Alaihissalam.
FAIDAH HADITS :
1. Hadits ini memberikan pelajaran agar seorang Suami bersikap lemah lembut terhadap Isteri nya, sabar terhadap sikap dan perbuatan nya yang kurang baik, serta agar selalu di ingat, bahwa mereka (para wanita) diciptakan dengan tabi’at seperti itu (bengkok) yakni mudah melakukan kesalahan, dan berpeluang besar melakukan kesalahan, sehingga tidak ada gunanya bersikap keras terhadap para wanita, karena sikap kasar dan keras malah bisa membuat mereka terluka (patah). Maka yang harus dilakukan seorang suami adalah bersabar dan tetap bersikap baik terhadap isterinya serta tidak bersikap keras dan kasar terhadapnya.

2. Hadits ini memberikan pelajaran agar seorang Suami tetap terus bersabar terhadap kesalahan Isteri nya dan membimbing Isterinya kepada kebaikan dengan cara yang baik, karena itulah termasuk pesan Nabi Shallallahu’alaihi wa sallam.

3. Hadits ini juga memberikan faidah, hendaknya seorang Suami berhati – hati ketika menyingkapi kesalahan seorang Isteri. Apabila dia tidak berhati – hati dan salah didalam menyingkapi kesalahan isteri nya, bisa fatal akibatnya (patah). Berapa banyak rumah tangga yang hancur dikarenakan kurang sikap bijak seorang Suami didalam menyelesaikan sebuah masalah.

4. Hadits ini juga memberikan pelajaran kepada para wanita, hendaklah dia selalu berusaha meluruskan diri nya kepada kebaikan dan mendengar nasehat suami nya, jika suami nya menyeru nya kepada kebaikan.

Semoga Allah memperbaiki rumah tangga kaum Muslimin.
 
Top