Kesabaran memiliki kedudukan yang sangat agung dalam agama ini. Allah عزّوجلّ telah menyebutkan tentang kesabaran dalam al-Qur'an sebanyak 90 kali, dan menyebutkan berbagai kebaikan dan derajat yang tinggi sebagai buah dari kesabaran.

Allah   عزّوجلّ  berfirman :

“Dan telah sempurnalah perkataan Rabbmu yang baik (sebagai janji) untuk Bani Israil disebabkan kesabaran mereka.” (QS. al-A'raf/7:137)

Juga firman-Nya :

Katakanlah, "Hai hamba-hamba-Ku yang beriman, bertakwalah kepada Rabbmu". Orang-orang yang berbuat baik di dunia ini memperoleh kebaikan, dan bumi Allah itu adalah luas. Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas. (QS. az-Zumar/39:10)

Semua bentuk ibadah memiliki pahala yang ditentukan, kecuali kesabaran, pahalanya tanpa batas.

Allah عزّوجلّ juga menyediakan kumpulan keutamaan bagi orang-orang yang bersabar, Allah عزّوجلّ tidak kumpulkan keutamaan-keutamaan itu bagi selain mereka. Allah   عزّوجلّ  berfirman :

“Dan sungguh Kami akan berikan cobaan kepadamu, dengan sedikit ketakutan, kelaparan, kekurangan harta, jiwa dan buah-buahan. dan berikanlah berita gembira kepada orang-orang yang sabar. (Yaitu) orang-orang yang apabila ditimpa musibah, mereka mengucapkan: ‘Inna lillaahi wa innaa ilaihi raaji'uun’. Mereka itulah yang mendapat keberkatan yang sempurna dan rahmat dari Rabb mereka dan mereka Itulah orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS. al-Baqarah/2:155-157)

Dan ayat-ayat lain yang menjelaskan tentang keutamaan kesabaran..

Makna Dan Macam Kesabaran Sabar Melaksanakan Ketaatan Sabar Meninggalkan Maksiat Sabar Menghadapi Musibah
 
Top