Hadits no 8
Anjuran untuk Memperbanyak Anak dan Larangan Membatasi Anak
عن أنس بن مالك قال : كان رسول الله صلّى الله عليه وسلم يأمر بالباءة وينهى عن التّبتّل نهيا شديدا , ويقول : تَزَوَّجُوا الْوَدُودَ الْوَلُودَ , إِنِّي مُكَاثِرٌ بِكُمُ الأَنْبِيَاءَ يَوْمَ الْقِيَامَةِ

Dari Anas bin Malik -Radhiyallahu'anhu- ia berkata: "Dahulu Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam selalu memerintahkan kami untuk menikah dan beliau sangat melarang kami untuk membujang (tidak mau menikah selama-lamanya). Beliau bersabda: "Nikahilah oleh kalian wanita yang penuh kasih sayang dan subur. Karena sesungguhnya pada hari kiamat kelak, aku akan berbangga dihadapan para Nabi dengan jumlah kalian yang banyak."
TAKHRIJ HADITS :
Hadits ini Shahih dengan penguat.

1. Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban rahimahullah didalam Shahih nya, hadits no 4028. Syaikh Syu'aib al-Arnauth hafizhahullah berkata didalam takhrij al-Ihsan (9/338): Hadits ini Shahih Lighairihi.

2. Diriwayatkan juga oleh Imam al-Baihaqi rahimahullah didalam Sunan al-Kubra nya (7/131), hadits no 13476.

3. Diriwayatkan juga oleh Imam Ahmad rahimahullah didalam Musnad nya, hadits no 12613. Syaikh Syu’aib dan kawan – kawan mengatakan didalam takhrij Musnad Ahmad (20/63): “Shahih Lighairihi. Sanad nya kuat.”

4. Diriwayatkan juga oleh Imam Ath-Thabrani rahimahullah didalam Al-Ausath 5/207, hadits no 5099.

5. Diriwayatkan juga oleh Imam Abu Daud rahimahullah didalam Sunan nya dengan lafadz semakna, hadits no 2050. Syaikh al-Albani rahimahullah didalam Shahih Sunan Abu Daud (2/574) : “Hadits Hasan Shahih.” dan Syaikh Syu’aib mengatakan didalam takhrij sunan abu daud (3/395): “Sanad nya kuat”

6. Diriwayatkan juga oleh Imam an-Nasa’i rahimahullah didalam Sunan al-Kubra (5/160-161) dengan lafadz yang semakna, hadits no 5323.
Hadits ini juga dishahihkan oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah didalam kitab Irwa al-Ghalil hadits no 1748.

Catatan:
الودود al-Waduud adalah wanita yang dicintai oleh suaminya dan keluarganya, disebabkan dia memiliki banyak sifat kebaikan dan kebajikan.

الولود al-Waluud adalah wanita yang subur peranakan nya dan banyak melahirkan anak.
 
Top