Hadits no 10
Kabar Gembira Bagi Isteri yang Taat kepada Allah, kepada Rasulullah dan kepada Suami nya.
عن أبي هريرة قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم :
إذا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَها , وصَامَتْ شَهْرَها , وحَصَّنَتْ فَرْجَهَا , وَأطَاعَتْ بَعْلَهَا , دَخَلَتْ مِنْ أيِّ أبوبِ الجَنَّةِ شَاءَتْ

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda: “Jika seorang isteri melaksanakan shalat lima waktu, melaksanakan puasa (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluan nya (dari zina) dan taat kepada suaminya, maka ia akan masuk surga dari pintu mana saja yang ia kehendaki.”
TAKHRIJ HADITS :
Hadits Shahih.
1. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban rahimahullah didalam Shahih nya, hadits no 4163 dari Sahabat Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu. Syaikh Syu’aib al-Arnauth hafizhahullah mengatakan didalam Takhrij Al-Ihsan (9/471) : “Hadits Shahih.”

Dalam riwayat yang lain :

عن عبد الرحمن بن عوف قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم قال :
إِذَا صَلَّتِ الْمَرْأَةُ خَمْسَهَا , وَصَامَتْ شَهْرَهَا , وَحَفِظَتْ فَرْجَهَا , وَأَطَاعَتْ زَوْجَهَا , قِيلَ لَهَا : ادْخُلِى الْجَنَّةَ مِنْ أَىِّ أَبْوَابِ الْجَنَّةِ شِئْتِ

Dari Abdurrahman bin ‘Auf Radhiyallahu’anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda : “Jika seorang isteri shalat lima waktu, mengerjakan puasa (di bulan Ramadhan), menjaga kemaluannya (dari zina) dan mentaati suaminya, maka dikatakan kepadanya: “Masuklah dalam Surga melalui pintu mana saja yang engkau kehendaki.”
TAKHRIJ HADITS :
Hadits Hasan Lighairihi.
2. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Ahmad rahimahullah didalam Musnad nya, hadits no 1661. Syaikh Syu’aib al-Arnauth dan kawan – kawan mengatakan didalam Takhrij Musnad (3/199) : “Hadits Hasan Lighairihi.”
FAIDAH HADITS :
1. Hadits ini adalah kabar gembira bagi para wanita muslimah, yang taat kepada Allah, kepada Rasul-Nya dan kepada Suaminya. Bahwa balasan bagi mereka adalah Surga.
2. Hadits ini juga menjadi motivasi bagi wanita agar untuk selalu mengerjakan shalat, puasa, menjaga kemaluan nya dari perbuatan zina, agar selalu mentaati suami nya dalam perkara yang baik.
 
Top