Shahih Muslim karya Imam Muslim rahimahullah.
Pernahkah anda membaca hadits, kemudian diakhir hadits tersebut dicantumkan Hadits Riwayat (H.R) atau Diriwayatkan Muslim....?

Jika pernah, maka maksud nya, bahwa hadits tersebut ada didalam kitab Imam Muslim rahimahullah yang terkenal dengan nama Shahih Muslim.

Penulis kitab ini nama asli nya adalah Muslim bin al-Hajjaj bin Muslim al-Qusyairi an-Naisaburi. Kunyah (nama gelar) beliau adalah Abu al-Husain. Beliau rahimahullah lahir pada tahun 204 H dan wafat pada tahun 261 H.

Kitab beliau ini judul aslinya adalah Al-Musnad ash-Shahih, Imam Ibnu Ash-Shalah rahimahullah berkata : "Diriwayatkan kepada kami dari Muslim rahimahullah, bahwa dia berkata : "Saya menyusun kitab ini, al-Musnad ash-Shahih dari 300.000 hadits yang saya dengar."

Imam Ibnu Ash-Shalah juga berkata : "Telah sampai kepada kami dari Makki bin Abdan, dia berkata : "Saya mendengar Muslim bin al-Hajjaj berkata : "Seandainya para ahli hadits menulis hadits selama 200 tahun, maka poros mereka adalah pada musnad ini yakni musnad ash-Shahih." [Shiyanah Shahih Muslim, hal 67-68, Ibnu ash-Shalah. Dinukil oleh DR.Muhammad az-Zahrani dalam Tadwin as-Sunnah]

Sebab ditulis nya kitab ini, sudah disebutkan oleh Imam Muslim rahimahullah didalam Muqaddimah kitab Shahih nya ini, dimana beliau menyebutkan ada dua faktor yang mendorong beliau menulis kitab ini,

1. Sebagai jawaban terhadap permintaan salah satu muridnya.
2. Karena banyaknya kitab - kitab hadits yang telah disusun dan diberikan kepada manusia yang penuh dengan hadits dhaif (lemah) dan munkar.

Kitab Shahih Muslim kedudukan nya dibawah Shahih al-Bukhari, dan kedua kitab ini adalah kitab hadits tershahih setelah al-Qur'an dan rujukan besar bagi kaum Muslimin. Shahih al-Bukhari lebih unggul satu tingkat dari Shahih Muslim didalam periwayatan dan Shahih Muslim lebih unggul satu tingkat dari Shahih al-Bukhari didalam penyusunan Bab nya.

Menurut Imam an-Nawawi rahimahullah jumlah hadits didalam kitab Shahih Imam Muslim rahimahullah ini 4.000 hadits dengan membuang hadits yang diulang - ulang. Namun beliau tidak menyebutkan, berapa banyak hadits yang diulang - ulang didalam nya.

Perlu diketahui setiap cetakan kitab Shahih Muslim, biasa nya memiliki metode penomoran sendiri. Kitab Shahih Muslim yang ada ditangan kami, berjumlah 7563 hadits.

Para ulama telah memberikan kontribusi yang besar terhadap kitab hadits ini, berikut diantara kitab Syarah Shahih Muslim yang terpenting :
1. Al-Mufhim fi Syarhi Muslim karya Abdul Ghafir bin Isma'il al-Farisi rahimahullah, wafat tahun 529 H.
2. Al-Mu'lim fi Syarhi Muslim karya Abu Abdillah Muhammad bin Ali bin Umar al-Maziri al-Maliki rahimahullah, wafat tahun 536 H.
3. Ikmal al-Mulim bi Fawa'id Syarhi Shahih Muslim karya al-Qadhi Abu al-Fadhl Iyadh bin Musa al-Yahshubi rahimahullah, wafat tahun 544 H.
4. Syarh Shahih Muslim karya Abu Amr bin Utsman bin ash-Shalah rahimahullah, wafat pada tahun 643 H.
5. Al-Minhaj fi Syarhi Shahih Muslim bin al-Hajjaj karya Abu Zakariya Yahya bin Syaraf an-Nawawi rahimahullah, wafat tahun 676 H. Dan kitab inilah yang terkenal, untuk syarah shahih muslim.
6. Ikmal al-Ikmal karya Abu Ar-Rauh Isa bin Mas'ud az-Zawawi al-Maliki rahimahullah, wafat tahun 744 H.
dan syarah - syarah lain nya jumlah nya hampir 50 kitab syarah dan mukhtasharnya.

Sedangkan Terjemahan dan Mukhtashar Shahih Muslim kedalam bahasa Indonesia :
1. Terjemahan Shahih Muslim yang paling lengkap disertai sanad nya adalah Terjemahan Shahih Muslim oleh Pustaka Almahira, dalam dua jilid. Dalam kitab Ensiklopedia Hadits, jilid 3 dan 4.
2. Terjemahan Shahih Muslim terbitan Pustaka as-Sunnah dalam 4 jilid, dengan meringkas sanad hadits nya.
3. Terjemahan Mukhtashar Shahih Muslim karya Syaikh Al-Albani. Diterbitkan oleh Pustaka as-Sunnah dalam 1 jilid dan diterbitkan oleh Pustaka Azzam dalam 2 jilid.
4. Terjemahan Mukhtashar Shahih Muslim karya Imam al-Mundziri. Diterbitkan oleh banyak penerbit.
Dan banyak lagi penerbit yang menerbitkan terjemahan dengan metode peringkasan sanad atau matan hadits.

Sedangkan Terjemahan Syarah Shahih Muslim hanya ada terjemahan Syarah Shahih Muslim karya Imam an-Nawawi yang berjudul Al-Minhaj fi Syarhi Shahih Muslim al-Hajjaj. Diterbitkan oleh Pustaka Darus Sunnah dalam 12 jilid, dan diterbitkan oleh Pustaka Azzam dalam 18 jilid.

Bersambung ke Al-Musnad karya Imam Ahmad Rahimahulla

Sumber Artikel: Prima Ibnu Firdaus al-Mirluny
 
Top