Hadits No 7
Niat yang Benar didalam Pernikahan; Untuk Menjaga Kehormatan Diri dari Zina.
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata : Rasulullah Shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

ثَلاَثَةٌ حَقٌّ عَلَى اللهِ عَوْنُهُمْ: اَلْمُجَاهِدُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ، وَالْمُكَاتَبُ الَّذِي يُرِيْدُ اْلأَدَاءَ، وَالنَّاكِحُ الَّذِي يُرِيْدُ الْعَفَافَ

“Ada tiga golongan manusia yang berhak mendapat pertolongan Allah: (1) mujahid fi sabilillah (orang yang berjihad di jalan Allah), (2) budak yang menebus dirinya supaya merdeka, dan (3) orang yang menikah karena ingin menjaga kehormatannya.”
TAKHRIJ HADITS:
Hadits ini Hasan:
1. Diriwayatkan oleh Imam at-Tirmidzi rahimahullah dalam sunan nya, hadits no 1655. Imam at-Tirmidzi rahimahullah mengatakan : “Hadits ini Hasan.” Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah didalam Shahih Sunan At-Tirmidzi (2/236). Dan ini lafadz beliau.

2. Diriwayatkan juga oleh Imam an-Nasa’i rahimahullah didalam Sunan nya, hadits no 3218. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah didalam Shahih Sunan an-Nasa’i (2/411).

3. Diriwayatkan juga oleh Imam Ibnu Majah rahimahullah dalam sunan nya, hadits no 2518. Syaikh Syu’aib dan kawan – kawan mengatakan dalam Takhrij Sunan Ibnu Majah (3/261) : “Sanad nya kuat.”

4. Diriwayatkan oleh Imam Ibnu Hibban rahimahullah didalam Shahih nya, hadits no 4030. Dihasankan oleh Syaikh Syu’aib dalam Takhrij Al-Ihsan fi Taqrib Shahih Ibnu Hibban (9/339).

5. Diriwayatkan juga oleh Imam Ahmad rahimahullah dalam Musnad nya, hadits no 7416. Syaikh Syu’aib dan kawan – kawan mengatakan dalam Takhrij Musnad Ahmad (12/378-379) : “Sanad nya kuat, para perawi nya Tsiqah.”

6. Diriwayatkan juga oleh Imam al-Baghawi rahimahullah didalam kitab Syarhus Sunnah, hadits no 2239. Dan beliau berkata : “Hadits ini Hasan.” Disepakati oleh Syaikh Syu’aib hafizhahullah dalam Takhrij Syarhus Sunnah (9/7)

7. Diriwayatkan juga oleh Imam al-Hakim rahimahullah didalam kitab Al-Mustadrak nya, hadits no 2678. Dan beliau berkata : “Hadits ini Shahih” Disepakati oleh Imam adz-Dzahabi rahimahullah.
FAIDAH:
Hadits ini menjadi motivasi yang besar bagi para pemuda untuk menikah. Apabila dia menikah dengan niat agar bisa menjaga kehormatan dirinya, maka Allah Subhanahu wa ta'ala akan menolong mereka dengan karunia nya. Dan Allah Subhanahu wa ta'ala tidak pernah mengingkari janji-Nya.
 
Top