Hadits no 17
Ungkapkanlah Perasaanmu
عَنْ عَلِيِّ بْنِ الْحُسَيْنِ قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم
إِذَا أَحَبَّ أَحَدُكُمْ أَخَاهُ لِلّهِ , فَلْيُبَيِّنْ لَهُ , فَإِنَّهُ خَيْرٌ فِي الإِلْفَةِ وَأَبْقَى فِي الْمَوَدَّةِ

Dari 'Ali bin al-Husain Radhiyallahu'anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda : "Jika salah seorang dari kalian mencintai saudara nya karena Allah, maka hendaklah ia memberitahukan nya kepada saudara nya itu. Karena itu adalah sikap yang lebih baik dalam mencintai dan lebih mengekalkan rasa kasih sayang (diantara kalian)."
TAKHRIJ :
Hadits ini Hasan Shahih, insya'Allah.

1. Diriwayatkan oleh Imam Waki' rahimahullah didalam kitab az-Zuhud nya, hadits no 337. Dihasankan oleh DR.Abdurrahman Abdul Jabbar didalam Shahih Kitab az-Zuhud no 219.

2. Syaikh Al-Albani didalam Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no 1199 : Diriwayatkan oleh Imam Waki' didalam kitab az-Zuhud dengan sanad yang Shahih dari 'Ali bin al-Husain secara marfu'.

Dalam sebuah riwayat :

قَالَ عَمْرِو بْنِ العَاصِ : يَارَسُولَ الله , مَنْ أَحَبُّ النَّاسِ إِلَيْكَ ؟ قَالَ : عَائِشَةُ

Amru bin al-Ash Radhiyallahu'anhu berkata : "Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling engkau cintai?" Beliau menjawab : " 'Aisyah."
TAKHRIJ HADITS :
Hadits Shahih.

1. Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari rahimahullah didalam shahih nya, hadits no 3662.

2. Diriwayatkan oleh Imam Muslim rahimahullah didalam shahih nya, hadits no 2348.
FAIDAH :
1. Terdapat perintah untuk mengungkapkan perasaan kepada sesama Muslim yang lain, yang kita cintai karena Allah.

2. Mengungkapkan perasaan cinta kepada seseorang bisa mengekalkan cinta. Apalagi dalam rumah tangga.

Namun perlu dicatat, bahwa tidak boleh bagi seorang pemuda mengungkapkan perasaan sayang nya kepada seorang wanita yang bukan mahram nya.
 
Top