Hadits no 9
Durhaka Kepada Suami Termasuk Dosa Besar
عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ : قَالَ النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم : " أُرِيتُ النَّارَ فَإِذَا أَكْثَرُ أَهْلِهَا النِّسَاءُ يَكْفُرْنَ "

قِيلَ : أَيَكْفُرْنَ بِاللَّهِ ؟

قَالَ : " يَكْفُرْنَ الْعَشِيرَ، وَيَكْفُرْنَ الإِحْسَانَ، لَوْ أَحْسَنْتَ إِلَى إِحْدَاهُنَّ الدَّهْرَ , ثُمَّ رَأَتْ مِنْكَ شَيْئًا قَالَتْ : مَا رَأَيْتُ مِنْكَ خَيْرًا قَطُّ ".

Dari Ibnu 'Abbas -Radhiyallahu'anhu- ia berkata: "Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam bersabda : "Telah diperlihatkan Neraka kepada ku, ternyata kebanyakan penghuninya adalah kaum wanita, hal itu disebabkan karena kekufuran mereka."

Ada yang bertanya: "Apakah mereka (kaum wanita yang menjadi penghuni neraka itu) kufur kepada Allah?"

Nabi Shallallahu'alaihi wa sallam menjawab : "Mereka kufur kepada suami dan mengkufuri kebaikan suaminya. Sekiranya kamu (para suami) berbuat baik kepada nya selama setahun penuh, lalu ia (isteri) melihat sesuatu yang tidak disukainya pada mu, ia berkata: "Aku sama sekali tidak pernah melihat kebaikan pada mu."
TAKHRIJ HADITS :
Hadits ini Shahih.

1. Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari rahimahullah didalam shahih nya, hadits no 29.

2. Diriwayatkan juga oleh Imam Muslim rahimahullah didalam shahih nya, hadits no 907.

Catatan : Kufur kepada suami maksud nya durhakan kepada suami dan mengingkari kebaikan suami. contoh nya seperti yang disebutkan oleh Rasulullah Shallallahu'alaihi wa sallam :

"Sekiranya kamu (para suami) berbuat baik kepada nya selama setahun penuh, lalu ia (isteri) melihat sesuatu yang tidak disukainya apda mu, ia berkata : "Aku sama sekali tidak pernah melihat kebaikan pada mu."

Seorang suami adalah manusia biasa, dia bisa benar dan bisa salah. Maka dari itu, jika seorang isteri, melihat suami nya melakukan kesalahan, hendaklah dia menegur suami nya dengan baik, dan tetap menghormati nya. Jangan sampai karena kesalahan yang sedikit, lalu seorang isteri mengingkari seluruh kebaikan suami nya.
FAIDAH HADITS :
1. Bahaya nya mendurhakai suami dan wajib taat kepada suami.
2. Durhaka kepada suami termasuk dosa besar dan terancam neraka.
3. Durhaka kepada suami tidak mengeluarkan seseorang dari islam.
4. Penghuni neraka kebanyakan nya adalah para wanita.
5. Bahaya mengingkari kebaikan.
 
Top