Hadits no 18
Wanita Yang Paling Baik
عَنْ أَبِيْ هُرَيْرَةَ قَالَ :
قِيْلَ لِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ : " أَيُّ النِّسَاءِ خَيْرٌ ؟" قَالَ : اَلَّتِيْ تَسُرُّهُ إِذَا نَظَرَ , وَتُطِيعُهُ إِذَا أَمَرَ , وَلاَ تُخَالِفُهُ فِي نَفْسِهَا وَمَالِهَا بِمَا يَكْرَهُ "

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu’anhu, ia berkata : Aku pernah ditanyakan kepada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam : “Siapakah wanita yang paling baik?” Beliau Shallallahu’alaihi wa sallam menjawab : “Wanita yang paling menyenangkan jika dilihat suaminya, mentaati suami jika diperintah, dan tidak menyelisihi suami pada diri dan hartanya sehingga membuat suami benci”
TAKHRIJ HADITS :
Hadits ini Hasan Shahih.
1. Hadits ini diriwayatkan oleh Imam an-Nasa’i rahimahullah didalam sunan nya, hadits no 3231.

2. Dibawakan oleh Syaikh Al-Albani rahimahullah didalam Shahih Sunan An-Nasa'i 2/417 dan didalam kitab Silsilah Al-Ahadits Ash-Shahihah no 1838. Dan beliau mengatakan : “Hadits Hasan Shahih”
FAIDAH HADITS :
1. Hadits ini mengajarkan kepada wanita untuk selalu berpenampilan menarik dihadapan suaminya, sehingga dia bisa menyenangkan hati suami nya ketika suami nya melihat kepada nya.
2. Hadits ini juga menjadi dalil tentang wajibnya mentaati perintah suami.
3. Hadits ini juga menjadi dalil tentang wajibnya seorang isteri kehormatan diri nya dan harta suami nya.
4. Dalam hadits ini disebutkan tentang ciri – ciri wanita shalehah. Maka hendaklah seorang isteri, memahami dengan baik hadits ini dan mengamalkan nya. Agar dia termasuk wanita yang paling baik dan termasuk orang beruntung didunia dan diakhirat.
 
Top