Shahih al-Bukhari karya Imam al-Bukhari.
Kita sering mendengar sebuah hadits, kemudian diakhir hadits itu ada kata - kata Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari, atau Hadits Riwayat al-Bukhari, atau Shahih al-Bukhari no sekian. Nah jika demikian ada nya, maka yang dimaksud adalah hadits tersebut ada didalam kitab Imam al-Bukhari. Mari kita kenal sekilas tentang kitab ini.

Penulis kitab ini adalah Abu Abdillah bin Muhammad bi Ismail bin Ibrahim bin al-Mughirah al-Bukhari rahimahullah. Seorang Syaikhul Islam, Imam para Huffazd dan Amirul Mukminin dalam Hadits serta pemilik banyak karya ilmiah. Beliau dilahirkan pada bulan Syawal 194 H dan wafat pada tahun 256 H. [Siyar A'lam An-Nubala 12/391, Adz-Dzahabi dan Hadyu as-Sari Ibnu Hajar]

Judul asli kitab ini menurut Imam an-Nawawi rahimahullah adalah al-Jami' al-Musnad ash-Shahih al-Mukhtashar min Umur Rasulillah wa Sunanihi wa Ayyamihi. Sedangkan menurut Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah judul nya adalah Al-Jami' ash-Shahih al-Musnad min Haditsi Rasuluillah wa Sunanihi wa Ayyamihi. [Hadyu as-Sari pasal pertama]

kata Al-Jami' artinya dalam istilah ahli hadits adalah sesuatu yang didalam nya terdapat seluruh jenis hadits, baik itu hadits tentang aqidah, hukum fiqih, tentang pelembutan hati, zuhud, adab, tafsir, sejarah, peperangan, fitnah, tanda - tanda hari kiamat, sifat yang mulia dan keutamaan. [Muqaddimah Tuhfah al-Ahwadzi 1/34]

Dan didalam kitab al-Jami' ash-Shahih Imam al-Bukhari ini terkumpul semua hadits seperti itu. Kitab ini lebih dikenal dengan nama SHAHIH AL-BUKHARI.

Seluruh hadits yang ada didalam Shahih al-Bukhari adalah hadits Shahih. Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata : "Telah tetap bahwa dia al-Bukhari teguh dengan hadits shahih dan dia tidak mencantumkan didalam nya kecuali hadits yang shahih. itu merupakan pokok dari objek pembahasan nya. Itu diambil dari pemberian nama terhadap kita tersebut dari al-Bukhari yakni al-Jami' ash-Shahih." [Hadyu as-Sari pasal kedua hal 7 dan seterus nya]

Jumlah Hadits didalam Shahih al-Bukhari sebanyak 7000 hadits lebih dan 2602 hadits jika tanpa pengulangan. dan 159 hadits yang mu'allaq lagi marfu.

Al-Hafizh Ibnu ash-Shalah rahimahullah berkata : "Jumlah hadits dalam Shahih al-Bukhari ada 7275 hadits yang termasuk kedalamnya hadits yang diulang - ulang penyebutan nya (dengan sanad yang berbeda)." [Ulum al-Hadits hal 16-17 dengan rignkas]

Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata : "Semua matan yang muttashil dalam shahih al-Bukhari tanpa pengulangan berjumlah 2602 hadits dan diantara matan yang Mu'allaq tapi Marfu yang tidak beliau sebutkan dengan sanad bersambung ditempat lain dalam shahih nya berjumlah 159 hadits, sehingga semua nya berjumlah 2761 hadits."

Prof.Abdul Ghani bin Abdul Khaliq rahimahullah menyebutkan bahwa jumlah ta'liq, ringkasan terhadap shahih al-Bukhari mencapai 44 kitab, sedangkan syarah shahih al-Bukhari mencapai 71 kitab. Namun Syarah yang terkenal adalah sebagai berikut :
1. Fathul Bari karya Al-Hafizh Ibnu Rajab al-Hanbali rahimahullah.
2. Fathul Bari karya Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqalani rahimahullah, dan ini syarah yang paling terkenal.
3. Umdatul Qari karya Al-Hafizh Mahmud bin Ahmad al-Hanafi yang dikenal dengan al-'Aini.
4. Irsyadul as-Sari karya Al-Hafizh Ahmad bin Muhammad yang dikenal dengan nama al-Qasthalani.
5. Syarah Shahih al-Bukhari karya Syaikh Muhammad bin Sholeh al-Utsaimin.

Terjemahan Shahih al-Bukhari kedalam Bahasa Indonesia.
Banyak penerbit di Indonesia yang sudah menterjemahkan kitab Shahih al-Bukhari ini, baik yang ringkasan nya maupun yang lengkap nya. Berikut saya sebutkan dan saya komentari terjemahan nya.
1. Terjemahan Shahih al-Bukhari cetakan asy-Syifa' Semarang dalam 9 jilid. Terjemahan dengan sanad yang lengkap.
2. Terjemahan Shahih al-Bukhari cetakan as-Sunnah Jakarta dalam 5 jilid. Dengan meringkas sanad nya.
3. Terjemahan Shahih al-Bukhari cetakan Al-Mahira Jakarta dalam 2 jilid dalam Ensiklopedi Hadits jilid 1 dan 2, diterjemahkan dengan sanad yang lengkap.

Sedangkan Terjemahan Syarah Shahih al-Bukhari :
1. Fathul Baari karya Ibnu Hajar terjemahan Pustaka Azzam dalam 36 jilid, dengan peringkasan syarah.
2. Fathul Baari karya Ibnu Hajar terjemahan Pustaka Imam as-Syafi'i dalam 60 jilid kurang lebih, dengan lengkap tanpa pengurangan.
3. Syarah Shahih al-Bukhari karya Ibnu Utsaimin terjemahan Pustaka Darus Sunnah dalam 10 jilid, dengan terbitan lengkap.

Demikian saja semoga bermanfaat....

Bersambung ke Shahih Muslim

Sumber Artikel: Prima Ibnu Firdaus Al-Mirluny
 
Top